Mengenal Lebih Dekat dengan Pulau Tidung

Pulau Tidung ialah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Penggunaan distrik di pulau ini berkembang ke arah wisata bahari laksana menyelam serta riset terhadap terumbu karang.Tidung adalah salah satu pulau yang tergolong dalam gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini masih dalam distrik DKI Jakarta dan bisa menjadi salah satu pilihan tujuan pantai di samping pantai Ancol.Pulau Tidung sendiri sebetulnya terdiri dari 2 pulau, yakni Pulau Tidung Besardan Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar adalahsalah satu pulau terbesar diantara pulau-pulau beda di kepulauan seribu. Sedangkan Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni.

Pulau ini semakin ramai unik wisatawan karena pesona pulau ini yang makin tersebar. Pulau Tidung mempunyai hamparan pasir putih yang menciptakan pantainya menjadi cantik. Air laut kebiruan yang bening memungkinkan semua wisatawan untuk menyaksikan lebih jauh ke dasar air yang ada ikan-ikan cantik atau terumbu karang.Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang yang disebut Jembatan Cinta oleh warga setempat ini terletak di Kepulauan Seribu Selatan unsur barat, dengan jarak tempuh tidak cukup lebih 3 jam perjalanan dari Muara Angke dengan kapal penumpang.Mulai September 2017, wisatawan dapat memilih transportasi pilihan KM Express Bahari, yang disediakan PT. Pelni, yang dapat mempercepat perjalanan menjadi 1 jam saja.

Sebagai di antara tujuan kesayangan paket wisata, pulau tidung ini dapat didatangi perkampungan warga dan sejumlah warung yang meluangkan makanan dan minuman ringan, selanjutnya jalan setapak yang panjang ini ini bakal melewati kemudahan umum, laksana kantor polisi, sekolah setingkat SMU untuk semua pelajar dari pulau sekeliling, kelompok warung dan mengarah ke ke jembatan cinta yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil tanpa penduduk.Di mula jembatan penghubung ini, akan didatangi jembatan yang lumayan tinggi untuk melewati suatu cekungan laut yang agak dalam, dimana tidak sedikit anak kecil warga setempat memperagakan loncat estetis dari jembatan sebagai sarana bermain mereka, lumayan menghibur semua wisatawan dan amat mengundang kemauan untuk dapat bergabung dengan mereka mengerjakan loncat estetis di pantai biru tanpa ombak.

Di penghujung jembatan penghubung, menapaki pantai Pulau Tidung Kecil yang merupakan area pengembangbiakan mangrove, masih tampil indah dicari dengan bersepeda, melewati jalan setapak yang diisi dengan ilalang dan pantai sepi yang pasirnya putih lembut, sangat estetis pemandangannya.Untuk sarana permainan air atau watersport pun tersedia. Lebih tepat tempat terletak di unsur pulau tidung besar unsur barat.

Transport, Fasilitas, dan Penginapan diPulau Tidung

Fasilitas

Berbagai pekerjaan yang dapat dilaksanakan di Pulau Tidung antara beda bersepeda mengelilingi pulau, pantai atau menyusuri Jembatan Cinta. Sepeda yang disewakan dengan harga Rp 15.000,- masing-masing hari memungkinkan kita berpuas-puas mengelilingi pulau ini.Tidak terdapat mobil di pulau ini sampai-sampai jalan-jalan yang terdapat diantara rumah-rumah warga bukanlah jalan yang lebar. Rumah-rumah simpel milik penduduk, tanaman-tanaman yang terdapat di depan rumah, tanaman rimbun di sisi jalan dan pohon kelapa di dekat pantai membuat suasana bertolak belakang dari perkotaan.

Aktivitas yang mengasyikkan sekaligus sebagai sarana membugarkan tubuh yang letih. Snorkeling merupakan pekerjaan yang tepat dilaksanakan di pantai Tidung. Airnya yang bening membuat saya dan anda bisa melihat ragam makhluk hidup yang terdapat di bawah air beserta terumbu karang yang ada.Jika tidak membawa peralatan snorkeling, Anda bisa menyewanya dengan harga Rp 35.000,-. Untuk merasakan pemandangan yang lebih indah, kita dapat mencarter perahu supaya dapat mencapai sejumlah spot bawah laut yang indah.

Banana Boatdan kano adalah permainan air yang bisa dicoba di dekat pantai Pulau Tidung. Berenang disekitar pantai dengan anak-anak akan menciptakan anak-anak merasakanrekreasinya. Pantai yang dangkal dan airnya yang bersih pantas menjadi lokasimain guna anak.Setelah puasbermain di pantai, segarkan diri kita dengan merasakan kelapa muda di pinggirpantai. Untuk memenuhi perut yang lapar, terdapat warung-warung nasi yangdipunyai penduduk pulau ini. Anda bisa berinteraksi dengan semua penduduk yang ramah.

Penduduk tidak mempunyai sifat komersial, sampai-sampai harga makanan dan minuman tidak dipatok dengan harga yang tinggi. kita masih dapat mendapatkan seporsi makanan dengan harga Rp 10.000,-.Jika Anda menyimpulkan untuk menginap di pulau ini, tidak boleh lewatkan peluang untuk BBQ di pinggir pantai. Menikmati ikan bakar dan makanan laut lainnya seraya ditiup udara malam pantai yang sejuk dan debur ombak tentu akan menciptakan selera santap bertambah.

Penginapan

Tempat penginapan di pulau ini bukanlah resor atau hotel mewah. Para pengunjung pulau ini bisa menginap secara homestay. Rumah-rumah warga disewakan untuk semua wisatawan yang hendak menikmati pulau ini. Anda bisa memilih apakah hendak menginap di kamar dengan AC atau tanpa AC.Walau tidak semewah hotel atau resor, penginapan di Pulau Tidung lumayan bersih dan yang tentu harganya tidak memberatkan kantong. Bagi semua backpakers atau yang hendak mencoba pilihan lain, Anda bisa berkemah di pinggir pantai guna bermalam.

Pemandanganpantai dan laut yang bakal Anda dapatkan di Pulau Tidung tidak kalah dengan pantai beda yang terkenal.Untuk mengarah ke pulau ini pun tidak diperlukan ongkos yang terlampau besar.Banyak paketwisata yang manawarkan wisata ke pulau ini dengan ongkos sekitar Rp 300.000,-yang telah mencakup ongkos transportasi, santap dan penginapan. Maka, andaiAnda hendak berekreasi tanpa mesti dipusingkan oleh biaya, Pulau Tidung menjadi diantara tujuan wisata Jakarta yang unik dikunjungi.

Jembatan Cinta

Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dihubungkan oleh jembatan yang menjadi karakteristik dari pulau ini. Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Cinta ini menjadi di antara tempat yang biasa dikunjungi untuk para wisatawan. Panjang jembatan ini kira-kira 800 meter.Dari jembatan yang tercipta dari kayu ini, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan di dalam air laut laksana terumbu karang dan ikan-ikan yang lincah berenang pada sisi-sisi jembatan.Saat pagi atau senja hari, jembatan ini menjadi lokasi yang romantis untuk menyaksikan matahari keluar atau terbenam. Anda pun dapat menguji keberanian dengan melompat ke dalam laut dari Jembatan Cinta yang tingginya selama 10 meter. Aktivitas yang biasa dilaksanakan para pengunjung Pulau Tidung.

Transportasi

Waktu tempuh menjangkau Pulau Tidung tidak terlampau lama. Dengan memakai kapal dari Muara Angke, Jakarta, masa-masa yang dibutuhkan sekitar 2-3 jam. Jadwal kapal mengarah ke Pulau Tidung selama pukul 07.00 WIB, jadi tidak boleh sampai terlambat supaya Anda tidak ditinggal.Karena perjalanan melewati air, maka kita tidak bakal dibosankan oleh kemacetan yang biasa terjadi di jalan-jalan darat mengarah ke tempat wisata yang biasa terjadi pada musim liburan.Di samping itu, untuk merasakan semua keindahan ini, ongkos yang dibutuhkan tidak terlampau besar sampai-sampai tidak perlu menyimpan uang lama untuk beranjangsana ke Pulau Tidung. Biaya naik perahu mengarah ke Pulau Tidung sebesar Rp 33.000,- per orang.

Cara lain mengarah ke Tidung ialah menggunakan jasa wisata yang ditawarkan. Biasanyakapal bakal berangkat dari Ancol dan memakai kapal boat khusus. Dan pastinyaharga yang ditawarkan lebih mahal dibanding memakai perahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *